Ini dia, Macam-macam konsol game dari generasi ke generasi


KECESEO - Konsol Game adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk menjalankan permainan. Permainan ini terdiri dari gambar yang dapat dimanipulasi yang dihasilkan oleh konsol video game dan ditampilkan di layar televisi atau monitor komputer.

Permainan itu biasanya dikontrol dan dimanipulasi menggunakan perangkat genggam yang terhubung ke konsol, yang disebut controller.

umumnya, controller ini berisi sejumlah tombol dan kontrol arah seperti analog. masing-masing diberi fungsi untuk menjalankan tugasnya.

namun ada juga konsol yang memadukan Layar, Speaker, dan Kontroller ke dalam satu objek. jenis konsol game seperti ini disebut juga dengan handheld game console atau konsol permainan genggam.

Konsol game rumahan pertama, Magnavox Odyssey

Magnavox Odyssey merupakan konsol game komersial rumahan pertama yang dikembangkan oleh sebuah tim kecil yang dipimpin oleh Ralph H. Baer di Sanders Associates dan dirilis oleh Magnavox di Amerika Serikat pada bulan September 1972. di tahun berikutnya konsol game ini dirilis di luar negeri.

terdiri dari kotak putih, hitam, dan coklat yang menghubungkan ke satu tv, dan dua kontroller yang berbentuk persegi panjang yang dihubungkan oleh kabel.

Selain Magnavox Odyssey, Pong dan Coleco Tolstar juga merupakan konsol game generasi pertama (1972-1977).




Konsol game Generasi Kedua paling populer, Atari 2600

Atari 2600 atau Atari Video Sistem Komputer atau Atari VCS (sebelum november 1982) merupakan konsol video game rumahan dari Atari. Inc yang dirilis pada tanggal 11 September 1977, dikreditkan dengan mempopulerkan penggunaan perangkat keras dan game berbasis mikroprosessor yang terdapat pada ROM Cartridges.

Atari 2600 dibundle dengan dua kontroler joystik, sepasang paddle pengendali, dan Cartridge Permainan yang awalnya berisi Combat, dan kemudian Pac-Man. Atari telah sukses dengan game arcade dan konsol rumah khusus memasuki tahun 1975.

Game generasi kedua memperkenalkan sejumlah konsep gaming yang terkenal untuk pertama kalinya. Arcade Atari 2600 memperkenalkan konsep 'ruang maya yang lebih besar dari layar' untuk pertama kalinya sehingga pemain dapat mengunjungi beberapa ruang dengan satu layar statis.

konsol game generasi kedua (1976-1983) lainnya adalah Odyssey 2, Fairchild Channel F, dan Intelivision.




Era 8-Bit, Konsol Game Generasi Ketiga

dalam sejarah video game, era game 8-bit merupakan generasi ketiga (1983-1987) dari video game konsol. namun yang pertama sejak kejatuhan era video game pada tahun 1983, sebagian orang menganggap generasi ini sebagai 'era modern' pertama untuk video game konsol.

di era 8-bit pasca-kejatuhan ini game konsol NES mendominasi pasar. meskipun begitu Sega Master System dan Atari 7800 juga merupakan pemain besar. di era ini juga diciptakan game game terkenal seperti Super Mario Bros, Final Fantasy, Metal Gear, dan lainnya.

Generasi Ketiga ini sering dikelirukan sebagai 'Generasi Pertama' karena merupakan permulaan dari video game yang dikenal saat ini. 


Nintendo Entertainment System


Era 16-Bit, Konsol Game Generasi Keempat

Konsol Game Generasi keempat (1987-1993) dimulai pada 30 Oktober 1987 dengan rilis di Jepang sebagai NEC Home Electronics 'PC Engine. NEC merupakan konsol game generasi keempat pertama, yang dikenal di Amerika Utara sebagai TurboGrafx- 16. setelah itu ada Super Famicom atau biasa dikenal sebagai Super Nintendo Entertainment System (SNES).

Penjualan di era ini sebagian besar didominasi oleh persaingan antara Nintendo dan Konsol Sega. Nintendo mampu memanfaatkan keberhasilan di generasi sebelumnya dan memenangkan pasar besar di dunia pada generasi ke-4 ini. Sega juga sangat sukses di generasi ini dan memulai Sonic The Hedgehog, untuk bersaing dengan seri game Nintendo, Mario.

selain NEC, SNES, & Sega Genesis, konsol game generasi keempat lainnya adalah Neo Geo.


Super Nintendo Entertainment System

Era 32-Bit, 64-Bit, dan 3D, Konsol Game Generasi Kelima

era ini dikenal karena peran penting dalam lompatan industri video game dari grafik komputer 2D ke 3D, serta pergeseran dari konsol rumah menggunakan ROM Cartridges ke Optical Discs. beberapa fitur yang membedakan konsol generasi kelima (1993-1998) dari konsol generasi keempat yaitu:
  • Grafis Poligon 3D
  • Penyimpanan Optical Disc atau CD-ROM, memungkinkan ruang penyimpanan yang jauh lebih besar
  • Pengontrol Analog
  • Resolusi Layar dari 480i menjadi 576i
  • dan masih banyak lagi.
Untuk konsol rumahan, yang terlaris pada generasi ini adalah konsol PlayStation, kemudian diikuti oleh Nintendo 64 dan Sega Saturn. selain itu ada juga Apple Pippin, Virtual Boy, Atari Jaguar, dan Amiga CD32.

PlayStation

Era 128-Bit, Konsol Game Generasi Keenam (1998-2005)

Era ini dimulai pada tanggal 27 November 1998 dengan rilis di Jepang Dreamcast, dan PlayStation 2 pada bulan Maret tahun 2000. Setahun kemudian GameCube dan Xbox dirilis di tahun yang sama.

Jumlah bit yang dikutip dalam nama konsol mengacu pada ukuran kata CPU dan telah digunakan oleh pemasar perangkat keras sebagai 'pertunjukan kekuasaan' selama bertahun-tahun.

Sony PlayStation 2 mendominasi penjualan di generasi ini, dan menjadikan sebagai konsol terlaris dalam sejarah dengan lebih dari 150 juta unit terjual pada Februari 2011. 

Generasi ini mulai berakhir ketika Xbox digantikan dengan Xbox 360 di akhir tahun 2005. namun penjualan PlayStation 2 terus menguat hingga tahun 2010. hal ini dikarenakan dukungan software berkelanjutan dan harganya yang terjangkau.

Dreamcast dihentikan pada tahun 2001, GameCube pada tahun 2007, Xbox pada tahun 2009, dan PlayStation 2 pada tahun 2013. Pro Evolution Soccer 2014 menjadi game terakhir yang dirilis untuk PlayStation 2.

PlayStation 2 masih terus diproduksi setelah peluncuran konsol Wii U, hal ini membuat konsol game generasi ke-6 menjadi generasi terpanjang kedua sepanjang masa.


PlayStation 2

Konsol Game Generasi Ketujuh (2005-2012)

Generasi ini dimulai ketika rilisnya Xbox 360 dari Microsoft di akhir tahun 2005, dan dilanjutkan dengan Sony Computer Entertainment PlayStation 3 dan Nintendo Wii di tahun berikutnya.

setiap konsol baru, memperkenalkan terobosan baru dalam bidang teknologi. seperti Xbox 360 yang ditampilkan secara native dalam resolusi video high definition (HD), dan Wii yang berfokus pada pengintegrasian kontroler dengan sensor gerakan. sementara itu, PlayStation 3 menawarkan pemutaran film HD melalui pemutar Blu-ray Disc 3D.

Nintendo Wii

Konsol Game Generasi Kedelapan (2012-Sekarang(Sampai Artikel ini Dibuat))

Konsol Game Generasi ini termasuk konsol yang dirilis sejak 2012 oleh Nintendo, Microsoft, dan Sony. untuk konsol rumah, Generasi kedelapan dimulai pada 18 November 2012 dengan dirilisnya konsol Wii U, dan dilanjutkan dengan perilisan PlayStation 4 pada 15 November 2013, dan Xbox One pada 22 November 2013.

Generasi ini diprediksi akan menghadapi persaingan dari Smartphone, Tablet, dan Smart TV. pada tahun 2013, pendapatan game di Android melampaui pendapatan konsol game portabel, namun tetap jauh di kedua pendapatan game iOS.

meskipun generasi konsol sebelumnya biasanya terjadi dalam siklus lima sampai enam tahun, transisi dari generasi ketujuh menjadi kedelapan telah berlangsung lebih dari 6 tahun.

Xbox One

nah itu dia macam-macam konsol game dari generasi ke generasi. tidak terasa ya teknologi berkembang begitu cepat, hehe *KECESEO

ATRIBUT:
-By Evan-Amos - Own work, Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=14517499
-By Evan-Amos - Own work, Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=17168336

No comments

Powered by Blogger.