Divisi Panzer SS ke-12 Hitlerjugend

Tentara dari Divisi Hitlerjugend yang ditangkap pada Pertempuran Elsenborn Ridge, Desember 1944
12th SS Panzer Division Hitlerjugend

KECESEO - Divisi Panzer SS ke-12 Hitlerjugend adalah divisi lapis baja Waffen-SS dari Jerman selama Perang Dunia II. Mayoritas prajurit juniornya berasal dari Hitlerjugend, sedangkan NCO dan para perwira senior berasal dari divisi Waffen-SS yang lain.

Gagasan untuk divisi Waffen-SS ini pertama kali diusulkan oleh Artur Axmann, Pemimpin Hitlerjugend, kepada Reichsführer-SS Heinrich Himmler pada awal tahun 1943. Rencananya anggota dari Divisi ini akan diambil dari anggota Hitlerjugend yang lahir di tahun 1926. Gagasan tersebut lalu dilanjutkan ke Adolf Hitler untuk dimintai persetujuannya.

di bulan Februari, Hitler menyetujui rencana tersebut, ia memerintahkan SS-Gruppenführer Gottlob Berger untuk merekrut personel. SS-Oberführer Fritz Witt dari Divisi SS Leibstandarte (LSSAH) ditunjuk sebagai komandan divisi. kebanyakan personel dari Divisi SS Leibstandarte memberikan resimen, batalion, dan sebagian besar komandan kompi untuk divisi Hitlerjugend tersebut. Sekitar 2.000 personel dipindahkan dari Divisi SS Leibstandarte. 

pada bulan September 1943, divisi ini memiliki lebih dari 16.000 calon anggota, dan menjalani pelatihannya di Kamp Beverloo di Leopoldsburg, Belgia. mereka diberitahu bahwa Divisi ini dibentuk sebagai Divisi Panzer bukan Unit Panzergrenadier. Oktober 1943, Divisi menerima penunjukan terakhirnya. banyak personel yang direkrut memiliki umur yang masih sangat muda. bahkan kebanyakan dari mereka diberikan permen, bukan rokok, atau ransum standar, ataupun alkohol.

Pada bulan April 1944, Divisi pindah ke daerah cadangannya di barat laut Paris dan dinyatakan telah beroperasi sepenuhnya. di bulan Maret 1944, bersama dengan Korps Panzer ke-1 SS, Divisi ini dipindahkan ke Caen, Normandia dan di awal bulan Juni telah memiliki lebih dari 150 Tank. 


Panzer IV dari Divisi Panzer SS ke-12 di Rouen, 21 Juni 1944

Saat dalam perjalanan menuju Normandia, divisi ini melakukan sebuah pembantaian. pembantaian tersebut dianggap sebagai balasan terhadap penduduk sipil setelah kereta api yang melaju ditempat mereka disabotase. 86 pria Prancis dieksekusi pada 1 April 1944 di Ascq oleh divisi ini. Komandan konvoi, SS-Obersturmführer Walter Hauck memerintahkan pasukan untuk mencari dan menangkap semua laki-laki yang rumahnya berada di dekat kedua sisi lintasan kereta. Secara keseluruhan, 70 orang ditembak di samping jalur kereta api, dan 16 lainnya terbunuh di desa.

Pada tahun 1949, Walter Hauck diadili di Lille, Prancis dan dijatuhi hukuman mati. namun hukumannya kemudian diubah menjadi penjara seumur hidup. ia dibebaskan pada tahun 1957 setelah pengurangan hukuman.

Divisi ini ikut bertempur saat Invasi Normandia berlangsung. Tanggal 6 Juni 1944, Divisi ini bersama dengan Divisi Panzer ke-21 adalah divisi Panzer yang paling dekat dengan pantai-pantai pendaratan Pasukan Sekutu di Normandia, tetapi mereka tidak bisa bergerak ataupun menyerang balik sebelum diberikan perintah oleh Oberkommando der Wehrmacht (disingkat OKW, komando tinggi angkatan bersenjata).

Divisi ini baru mendapatkan perintah untuk maju ke garis depan pada jam 14:30 di hari yang sama. lebih dari dua belas jam setelah laporan pertama Pendaratan Sekutu di Normandia. Sebelumnya, Marsekal Lapangan Gerd von Rundstedt telah memerintahkan lebih dari setengah anggota divisi untuk mengatasi pendaratan pasukan parasut sekutu di dekat pantai Lisieux, yang merupakan bagian dari Operasi Titanic.

Kemajuan divisi ke daerah-daerah di dekat pantai pendaratan pasukan Inggris-Kanada di Pantai Sword dan Juno berjalan lambat karena serangan udara Sekutu. Unit pertama SS ke-12 mencapai area dekat Evrecy pada pukul 22:00 di tanggal 6 Juni, tetapi batalion Panther kehabisan bahan bakar di sebelah timur Sungai Orne. 

Menurut Marc Milner,
itu hanya contoh pertama dari pekerjaan staf dan komando dan kontrol yang ceroboh yang menandai pengalaman dari Divisi SS ke-12 dalam pertempuran di tepi pantai.

keesokan harinya, Jam 10:00 pagi Resimen Panzergrenadier SS ke-25, bersama dengan 50 tank Panzer IV dari Resimen Panzer SS ke-12, tiba dan pindah ke posisi utara-barat Caen. Didukung oleh batalion artileri (Batalion 3, Resimen Panzer SS ke-12), Kelompok pasukan tersebut diperintahkan untuk menghentikan pergerakan maju pasukan Kanada dan menuju ke pantai, yang jauhnya beberapa kilometer dari posisi.


Tentara Inggris yang ditangkap oleh Divisi Panzer SS ke-12

Mereka gagal menerobos pasukan Kanada di sekitar Buron satu kilometer ke utara. Meyer menentang perintah komandan divisi atas inisiatifnya sendiri, ia merasa bahwa tujuan itu tidak realistis dan hanya berharap untuk menghentikan laju unit-unit pasukan Kanada ke daratan sampai situasinya dapat distabilkan.

Serangan itu seharusnya didukung oleh Divisi Panzer ke-21, tetapi mereka tidak dapat melarikan diri dari pertempuran dengan Divisi Infantri ke-3 Inggris. mereka masih berada di Couvre saat itu. Korban dari Resimen Panzergrenadier SS ke-25 berjumlah sekitar 300 orang. 15 tank dari Resimen Panzer SS ke-12 juga hancur.

di hari yang sama, Resimen Panzergrenadier SS ke-26 di bawah komando SS-Obersturmbannfuhrer Wilhelm Mohnke tiba di medan perang. Resimen Panzergrenadier ke-26 menyeberang di belakang Resimen Meyer dan mengambil posisi di barat. Batalion ke-1 meluncurkan serangan ke arah Norrey-en-Bessin, yang dipertahankan oleh Regina Rifles, Brigade Infanteri ke-7 Kanada, dan Divisi ke-3 Kanada. 

Malam harinya, 7 Juni 1944, 11 tahanan perang Kanada dari Nova Scotia Highlanders Utara dan Resimen Lapis Baja ke-27 (Resimen Sherbrooke Fusilier) ditembak mati oleh Divisi Panzer SS ke-12. mereka ditembak di bagian belakang kepala. penembakan ini juga disebut dengan Pembantaian Ardenne Abbey.


Sebuah peringatan untuk para prajurit Kanada yang dieksekusi di taman Biara Ardenne

Jerman menyerang lagi keesokan harinya, tepat jam 03:30 tanggal 8 Juni, mereka gagal mengkoordinasikan serangan dan pergerakan pasukan mereka ke arah pasukan Kanada. walaupun serangan tersebut membuat banyak korban berjatuhan di kedua belah pihak, terutama oleh Artileri Kanada dan senapan mesin berat pendukungnya dari Cameron Highlanders of Ottawa.

Regina Rifles berhasil bertahan dari serangan Batalion ke-1, mereka memukul mundur Divisi tersebut. Divisi ini dikritik karena tampil kurang memadai di awal pembukaan Kampanye Normandia. Regina Rifles masih memegang kendali. 

3 Jam kemudian, tepatnya jam 06:30, Batalion ke-2 menyerang Resimen Royal Winnipeg Rifles. Resimen itu berasal dari Kanada. bertahan di desa Putot-en-Bessin, Batalion ke-2 berhasil masuk ke desa itu dan mengepung beberapa kompi, mendorong Royal Winnipeg Rifles keluar dari desa pada tengah hari pukul 13:00. serangan ini memakan korban berjumlah 256, sementara 175 diantaranya ditahan.

di hari yang sama, serangan balasan diluncurkan oleh Resimen Skotlandia-Kanada. dengan dukungan Artileri, Tank, dan Penghancur Tank, mereka berhasil mengambil kembali Putot, SS menyerah atas kota tersebut dan mundur sekitar pukul tengah malam.

Baca juga: Divisi Gunung Waffen-SS ke-13 Handschar


Divisi Kanada ke-3 menghentikan operasi tempur besar-besaran sampai bulan Juli. hanya 1 operasi besar yang dilancarkan, yaitu pada 11 Juni di Le Mesnil-Patry. mereka melihat Divisi Panzer SS ke-12 menimbulkan banyak korban atas Queen's Own Rifles of Canada dan 1st Hussars (Resimen Lapis Baja ke-6) yang kehilangan 51 tank Sherman selama operasi besar-besaran itu.

kemudian pada hari itu juga, Komando Marinir Angkatan Laut Kerajaan ke-46 menyerang Rots.

Witt terbunuh oleh Artileri Angkatan Laut Kerajaan yang menggempur Pos Komando Divisi di Venoix pada 14 Juni 1944. sebagai gantinya, Kurt Meyer ditempatkan sebagai komandan divisi.


Tentara Waffen-SS yang meninggal di Normandia, 19 Juni 1944

2 Minggu berikutnya merupakan minggu yang relatif tenang, karena kedua belah pihak telah kelelahan bertempur. namun serangan Artileri, Pemboman Laut, serta Serangan Udara Sekutu yang konstan tidak berhenti dan masih terus menggempur pasukan Nazi Jerman. kedua belah pihak memulai lagi operasi besar pada bulan Juli.

salah satunya adalah Operasi Charnwood. dimulai di bulan Juli, operasi ini berhasil mengusir Divisi Panzer SS ke-12 dari posisinya di Buron dan desa-desa terdekat lainnya dari Gruchy dan Cussy. Pos Komando Divisi yang terletak di biara Ardenne yang telah diduduki sebelum Hari-H operasi pun telah jatuh. 

selama kemunduran mereka di Prancis, para anggota LSSAH dan Divisi Hitlerjugend telah membunuh 34 warga sipil di kota-kota Tavaux dan Plomion. unit-unit dari divisi yang sudah tidak layak berperang lagi diperintahkan untuk kembali ke Jerman pada 8 September.

di bulan September, SS-Obersturmbannführer Hubert Meyer ditempatkan sebagai komandan divisi. divisi dikirim ke Nienburg, Jerman, dimana mereka akan direformasi. Hubert Meyer digantikan oleh SS-Obersturmbannführer Hugo Kraas, divisi ini melekat pada Divisi Panzer SS ke-6 SS-Oberstgruppenführer Sepp Dietrich, yang nantinya membentuk Operasi Wacht am Rhein.

Operasi dibuka pada 16 Desember 1944, Kampfgruppe Peiper dari Divisi Panzer SS ke-1 Leibstandarte SS Adolf Hitler menerobos garis depan Amerika dengan susah payah. Setelah Divisi Panzer SS ke-12 mencapai garis tersebut, mereka mendapat perlawanan keras dari pasukan Amerika yang menduduki Elsenborn Ridge. Meski sudah berulang kali berupaya, divisi itu tidak bisa mengusir pasukan Amerika. 

Akibatnya, divisi itu diperintahkan untuk beralih menuju ke kiri dan mengikuti garis depan dari sisa Divisi Panzer SS ke-1. Pasukan Amerika mencegah divisi mencapai tujuannya, dan setelah penghancuran Kampfgruppe Peiper dari LSSAH, kemajuan pasukan Dietrich benar-benar terhenti. Pada 8 Januari Hitler memberikan izin untuk mundur. Serangan itu akhirnya gagal. Divisi Panzer SS ke-12 telah dianiaya dengan berat, dengan hanya 26 tank dan senapan serbu dan rata-rata 120 orang tersisa di setiap batalion. Secara total selama serangan, divisi ini telah kehilangan 9.870 orang termasuk 328 petugas dan 1.698 NCO.

14 Januari 1945, Divisi Panzer SS ke-6 Dietrich diperintahkan ke Hongaria di mana ia akan mengambil bagian dalam ofensif untuk merebut kembali ladang minyak Hungaria dan membuka jalan menuju kota Budapest, tempat 45.000 orang Korps Gunung IX SS dikepung. Ketika divisi itu dalam perjalanan, Korps Panzer SS IV meluncurkan beberapa operasi bantuan yang gagal. Pada 28 Januari 1945, Divisi Panzer SS ke-12, bersama dengan semua pasukan Jerman, telah didorong kembali ke posisi awal.

Divisi, bersama LSSAH sebagai bagian dari Korps Panzer SS ke-1 tiba di Hongaria pada awal Februari 1945, tepat beberapa hari sebelum kota itu jatuh. Divisi ini selanjutnya mengambil bagian dalam Operasi Spring Awakening, sebuah operasi untuk merebut kembali ladang minyak Hungaria. Serangan itu berlangsung pada 6 Maret 1945. setelah sukses di awal, kombinasi medan berlumpur dan perlawanan Soviet yang kuat membuat serangan mereka terhenti. 

Pada tanggal 16 Maret, pasukan Soviet melakukan serangan balik, membuat seluruh front selatan mundur ke Wina. 13 April, Tentara Merah berhasil merebut Wina. Mundur melalui Odenburg dan Hirtenberg, divisi mencapai Linz, Austria di dekat garis Amerika. Pada 8 Mei 1945, 10.000 orang dari divisi menyerah di dekat kota Enns kepada pasukan Divisi Infanteri ke-65 yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Stanley Eric Reinhart.


Lambang unit

9 Agustus 1944, Seorang anggota divisi yang tertangkap bersama para penjaga Kanada

Anggota divisi

ATRIBUT:
  • By Burtonne - http://en.wikipedia.org/wiki/Image:Ardennes_Abbey_2.JPG, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=4200015
  • By U.S. Army - U.S. Army Photo, Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=56513117
  • By Unknown - Archivesnormandie 1939-45, Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=526533
  • By Bundesarchiv, Bild 101I-738-0276-06A / Grimm, Arthur / CC-BY-SA 3.0, CC BY-SA 3.0 de, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=5477711
  • By Bundesarchiv, Bild 101I-493-3355-23 / Siedel / CC-BY-SA 3.0, CC BY-SA 3.0 de, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=5412467
  • By Unknown - Public Archives of Canada image, copyright expired., Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=1895690
  • By The original uploader was Jecowa at English Wikipedia.Traced by Gonzalogprado - Originally from en.wikipedia; description page is/was here., Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=4771268

No comments

Powered by Blogger.